TEKNOLOGI TEPAT GUNA : MEMANFAAT POHON PISANG SEBAGAI MEDIA MENANAM SAYUR OLEH SISWA SDN SAMBONGREJO I

TEKNOLOGI TEPAT GUNA : MEMANFAAT POHON PISANG SEBAGAI MEDIA MENANAM SAYUR OLEH SISWA SDN SAMBONGREJO I

Batang pisang biasanya dibuang begitu saja setelah diambil buahnya, atau hanya dibutuhkan saat ada pertunjukkan wayang kulit untuk menancapkan wayang, padahal batang pisang banyak manfaatnya yang bisa diolah. Buah dari surga ini dari buah, bunga, daun, batang dan bonggolnya semuanya bermanfaat, bahkan bonggolnya membusuk tanpa meninggalkan bau. Selin itu juga batang bisa dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat pupuk cair ogranik atau biasa disebut MOL.
Media tanam yang diperlukan untuk menumbuhkan tanaman sudah bervariasi hingga saat ini. Penanaman di atas tanah yang telah dilakukan sejak nenek moyang dahulu kala, dianggap sudah tidak relevan untuk beberapa komoditas. Pencarian media tanam tidak lepas dari keingintahuan akan kebutuhan nutrisi yang sesuai oleh tanaman dan menghindari patogen tular tanah yang menurunkan hasil tanaman.
Hidroponik diusung sebagai cara tanam baru yang tidak menggunakan tanah. Tanaman diberi media lain seperti kerikil, pasir, sabut kelapa atau bahkan hanya styrofoam sebagai penyangga tanaman di atas larutan hara. Permainan formula nutrisi tanaman pun dimainkan hingga ditemukan dua larutan stok (A dan B) yang tidak dicampur sebelum disuapkan ke tanaman.
Batang pisang bisa menggantikan bambu dan talang air untuk berkebun sayuran, menanam jamur merang dll. Bahkan batang pisang memiliki kelebihan yakni banyak mengandung pati sebagai sumber nutrisi tanaman dan mikroorganisme di dalam batang pisang bisa menjadikan media tanam yang ditaruh pada saat menanam lama-kelamaan menjadi kompos.
Batang pisang juga memiliki senyawa penting seperti antrakuinon, saponin, dan flavanoid. Nah, pada manusia antrakuinon bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Peran senyawa itu pada tanaman juga bisa menyuburkan pertumbuhan bulu-bulu akar yang berguna membantu tanaman menyerap unsur-unsur hara.
Batang pisang sendiri diketahui mengandung hingga 80% air. Selama ini batang pisang telah banyak diteliti untuk digunakan sebagai pakan ternak karena kandungan selulosanya yang berkadar lignin rendah. Penggunaan batang pisang tetap menjanjikan karena kandungan glukosa batang pisang dapat menyuplai kebutuhan tanaman, baik pisang itu sendiri maupun tanaman yang ditanam di batang pisang.

PERINGATAN ISRO’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW

PERINGATAN ISRO' MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW

Memperingati hari isra’ mi’raj nabi muhammad SAW, SDN sambongrejo I kecamatan sumberrejo setiap tahun merupakan kegiatan rutin tahunan, yang dilakukan pada bulan Rajab.
panitia dari kegiatan ini adalah siswa siswi SDN Sambongrejo 1, sehingga kegiatan ini bisa dijadikan momen pembelajaran anak dalam mengatur acara, cara menjadi MC, belajar tilawah, dan bisa mengekspresikan diri melalui seni islami yang dimasukkan dalam acara.
dalam kegiatan ini guru sebagai pembimbing dan motivator agar anak tetap ercaya diri, dan mampu mengembangkan kompetensinya tanpa ragu serta memfasilitasi kegiatan tersebut.
sedangkan untuk memeriahkan kegiatan ini anak-anak menyisipkan kuis dan hadiah bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan seputar isi kajian oleh penyaji yaitu dari guru agama. kegiatan ini bisa menjadi alternatif dalam memotivasi anak dalam menyimak kajian secara seksama